AirPods Pro 2 dapat membuang Bluetooth untuk dukungan audio lossless

Apple AirPods Pro adalah salah satu earbud Bluetooth paling populer di planet ini – tetapi penerusnya, yang disebut AirPods Pro 2, dapat menukar Bluetooth dengan teknologi streaming nirkabel berpemilik dalam upaya menghadirkan earbud nirkabel sejati tanpa kerugian.

Menurut paten yang ditemukan oleh Patently Apple (terbuka di tab baru)perusahaan sedang mengerjakan teknologi transmisi audio optik baru – dan berdasarkan ilustrasi yang termasuk dalam paten, itu akan bekerja dengan headset Apple MR yang dikabarkan akan diluncurkan tahun ini.

Paten menjelaskan sistem yang mencakup headset yang bertindak sebagai perangkat sumber audio. Headset ini berisi pemancar optik untuk mengirim data audio sebagai sinyal optik dan transceiver frekuensi radio (Bluetooth). Sistem ini juga menyertakan earphone nirkabel yang memiliki penerima optik sehingga dapat mengambil data audio dari headset secara nirkabel, serta transceiver frekuensi radio untuk menunjukkan kualitas penerimaan sinyal optik.

ilustrasi paten yang menunjukkan headset mr apel bekerja dengan sepasang earbud

(Kredit gambar: Paten Apple / Apple)

Transmisi audio optik memberikan bandwidth yang lebih tinggi daripada Bluetooth, yang memungkinkan earbud menggunakan teknologi ini untuk memutar file audio lossless dan hi-res. Sebelumnya, Apple AirPods terbatas pada codec AAC yang sangat terkompresi, yang tidak memungkinkan streaming yang benar-benar lossless – dan itu berarti Anda tidak dapat memilih detail yang lebih halus dalam musik Anda, meskipun Apple Music mendukung audio lossless.