Elden Ring memiliki beberapa masalah, tetapi mudah dijalankan – bahkan dengan RAM 8GB

Menyegarkan

Dimulai dengan Ryzen 3 3300X, RAM 8GB, dan Nvidia GeForce GTX 1050 Ti. Itu jatuh. Memuatnya dengan RAM 12GB, dan macet lagi! Ternyata GTX 1050 Ti tidak bisa menangani permainan sama sekali, karena memuat dengan baik dengan GTX 1650 yang hampir tidak lebih bertenaga.

GPU itu akan bagus untuk pengaturan rendah 1080p. Jika Anda ingin mencapai 1080p High, Anda harus memiliki setidaknya GTX 1660 atau yang setara – pikirkan Nvidia GeForce GTX 1070 atau 980. AMD Radeon RX 580 juga sudah cukup.

Namun, yang benar-benar luar biasa adalah memuat Elden Ring dengan RAM 8GB dan GTX 1650 berfungsi dengan baik. Anda sebenarnya tidak memerlukan RAM 12GB yang tercantum pada persyaratan sistem – meskipun saya tetap merekomendasikannya.

GTX 1050 Ti dicolokkan ke test bench

GTX 1050 Ti benar-benar imut!! (Kredit gambar: Masa Depan)

Memutakhirkan ke RTX 2060 berhasil. GTX 1660 Super turun menjadi seperti 50-55 fps saat keluar, padahal tidak sangat buruk tetapi permainan seperti Elden Ring adalah tentang pengaturan waktu yang ketat, dan Anda tidak ingin melewatkan satu frame pun.

Namun, masalah yang sama yang dihadapi GTX 1660 Super, RTX 2060 dihadapi pada 1440p High. Berjalan dengan baik di dalam ruangan dan di ruang bawah tanah, tetapi di luar ruangan, turun menjadi sekitar 55 fps. Masih terlihat dan berfungsi dengan baik, tetapi mungkin lebih baik tetap di Medium, atau turun ke 1080p dengan RTX 2060.

Dengan Nvidia GeForce RTX 2070, Anda bisa mendapatkan 60 fps solid pada 1440p dengan pengaturan maksimal. Ini menjadikannya kartu grafis 1440p yang sempurna untuk game ini, yang berarti Nvidia GeForce RTX 3060 harus tetap berada di level ini juga – tetapi kita harus melihatnya nanti.

Oke, RTX 2070 sama sekali tidak cukup baik untuk pengaturan medium 4K. Turun menjadi seperti 45 fps di area luar ruangan, dan memang demikian tidak merasa baik dalam permainan ini. Ini malah terasa seperti bermain Bloodborne, yang mungkin menjadi nostalgia bagi Anda (saya juga), tapi 60 fps yang mulus jelas jauh lebih baik.

Nvidia GeForce RTX 3070Ti

(Kredit gambar: Masa Depan)

Saya memutuskan untuk melakukan RTX 3070 selanjutnya, karena saya benar-benar tidak berminat untuk menguji setiap kartu RTX 2000 hanya untuk harus pindah ke 3000 kartu.

RTX 3070 bagus untuk pengaturan tinggi 4K, Anda akan mendapatkan 60 fps yang cukup solid setiap saat. Meskipun memang memiliki penurunan bingkai acak yang sama seperti setiap kartu lain yang saya uji. Saya harus beralih ke kartu AMD sebentar lagi untuk melihat apakah masalah itu sudah diperbaiki di sana.

Namun, naik ke Pengaturan Maksimum, kecepatan bingkai naik di pertengahan hingga tinggi 40-an. Saya akan menjaga pengaturan di sekitar Tinggi jika Anda menggunakan RTX 3070 (atau bahkan Nvidia GeForce RTX 2080 Ti.) RTX 3080 mungkin akan menjadi jawaban untuk 4K Max @ 60 fps. Waktu untuk melihat!

Dengan Nvidia GeForce RTX 3080, ini jelas bagus untuk 60 fps dengan semua yang dimaksimalkan, dan itulah yang Anda perlukan di Team Green untuk mencapai ambang itu. Tapi saya masih mendapatkan penurunan bingkai acak itu, dan itu agak mengganggu. Saya yakin itu akan segera diperbaiki, tetapi saya benar-benar bertanya-tanya apakah ini masalah Nvidia. Akan mulai menguji beberapa GPU AMD untuk melihat (mungkin tidak sebanyak itu, saya tidak punya waktu seharian).

Kartu grafis RX 580 dicolokkan ke bangku tes

(Kredit gambar: Masa Depan)

Saya memasang AMD Radeon RX 580, dan itu kartu rendah 1080p lainnya. Memang terlihat memiliki frekuensi gambar rata-rata sekitar 60 fps pada Medium, tetapi ada beberapa penurunan bingkai yang BERAT. Menurunkan pengaturan ke Rendah memperhalusnya sedikit.

Tidak terlalu mengejutkan bahwa 580 dapat menangani jenis beban kerja yang sama dengan GTX 1650. Ini sedikit lebih tua, tetapi biasanya kinerjanya berada di sekitar GTX 1060. Membuat saya benar-benar berharap memiliki GTX 1060 tergeletak di sekitar. Tapi saya meninggalkannya di rumah, seperti penguji perangkat keras profesional seperti saya.

Saya akan langsung beralih ke Radeon RX 5700 XT berikutnya. Itu tentang tingkat kinerja yang sama dengan GeForce RTX 2070, sehingga harus mampu menangani 1440p pada pengaturan tinggi. Ayo cari tahu.

Oke, jadi saya menjalankan Elden Ring di AMD Radeon RX 5700 XT, dan berjalan seperti mimpi yang nyata. Kartu grafis dengan mudah dapat menangani 1440p dengan pengaturan Maksimum tanpa pernah benar-benar turun di bawah 57 fps. Banyak penurunan bingkai yang hilang – masih ada di sana, tetapi itu sepertinya menjadi lebih baik pada kartu grafis AMD.

Perlu diingat bahwa proses ini tidak sepenuhnya ilmiah, saya hanya memainkan segmen game berulang kali dan melaporkan apa yang saya perhatikan saat menonton framerate dan bagaimana rasanya game tersebut. Dan, yah, permainannya terasa lebih baik pada kartu grafis AMD sejauh ini. Akan menjalankan game di 6800 XT selanjutnya untuk melihat apakah itu benar-benar masalahnya atau apakah saya hanya lelah.

Karakter Elden Ring melawan makhluk hutan besar

(Kredit gambar: FromSoftware)

Sebagai penutup, saya menguji Radeon RX 6800 XT. Kartu grafis dengan mudah dapat menangani permainan pada pengaturan maksimal 4K, tetapi penurunan bingkai telah kembali. Cukup yakin bahwa ini hanya masalah dengan gim itu sendiri, dan pada akhirnya perlu diperbaiki.

Ketika semua dikatakan dan dilakukan, Elden Ring adalah port PC yang lumayan bagus, dan banyak orang harus dapat memainkannya di berbagai konfigurasi yang berbeda. Gim ini terlihat fantastis saat maksimal pada 4K, tetapi kombinasi resolusi dan pengaturan itu benar-benar hanya tersedia bagi mereka yang cukup beruntung untuk memiliki AMD Radeon RX 6800 XT atau Nvidia GeForce RTX 3080.

Dan semua pengujian ini dilakukan pada prosesor AMD Ryzen 3 3300X, yang merupakan bagian yang cukup low-end. Tidak benar-benar mengalami masalah di mana CPU juga tidak dapat mengimbangi. Bahkan selama penurunan bingkai yang mengganggu port PC ini, penggunaan CPU tidak pernah melonjak di atas 50%, yang berarti mungkin bukan hambatan CPU di sini.

Semoga FromSoftware bisa memperbaiki masalah frame drop, karena jika bisa, Elden Ring di PC akan terbukti menjadi port PC yang bagus setelah beberapa saat. Hanya memiliki satu kerutan kecil untuk disetrika terlebih dahulu. Sekarang, saya mengambil waktu seminggu untuk membenamkan diri dalam game ini, dan sekarang saatnya untuk benar-benar maju dalam game ini, daripada membiarkan bos membunuh saya berulang kali.

(Oke, mungkin saya hanya buruk dalam permainan dan bos tetap membunuh saya).